Hikari School of Nature ingin memperkenalkan diri sebagai salah satu sekolah alam terbaik di Jakarta yang ingin membangun masyarakat Indonesia mulai dari usia dini. Kami percaya bahwa anak-anak bangsa dapat dipupuk melalui berbagai macam sisi terutama mulai dari dalam diri anak.
Hikari (dalam Bahasa Jepang: cahaya), ingin dapat membuahkan anak-anak dengan semangat bercahaya melalui pendidikan budi pekerti dan baca-tulis-hitung.
Di bawah Yayasan Harima Adhika, Hikari didirikan pada 12 Februari 1994. Selama hampir 20 tahun, Hikari telah menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran Kelompok Bermain dan Taman Kanak-Kanak. Mengingat bahwa sebagian besar lulusan Hikari mempunyai kecerdasan ganda yang belum bisa difasilitasi oleh Sekolah Dasar Negeri maupun swasta di wilayah Jakarta Selatan, kami kemudian membuka kelas jenjang Sekolah Dasar pada 25 Agustus 2014.
Visi
Menjadi pusat Kegiatan Pendidikan & PengajaranAnak yang
Merdeka (berpikir dan berpendapat), Cerdas Hati, Jujur, Sehat,
Ceria dan mampu Mencintai Lingkungan Alam sekitar dia berada, sebagai tempat pembelajaran.
Misi
- Mewujudkan Hikari School of Nature sebagai Sekolah yang dapat membantu anak yang MERDEKA (berpikir dan berpendapat), CERDAS HATI, JUJUR, SEHAT, CERIA dan berakhlak Mulia
- Mencintai lingkungan alam sekitar sebagai bahan belajar,
- Melayani Pendidikan dan Pengajaran kepada anak dengan pendekatan RAMAH anak
- Kerjasama dengan Orangtua anak dalam mewujudkan anak menjadi KEBANGGAAN keluarga dan bangsa.
- Efisien, efektif, dalam mewujudkan manajemen Hikari School of Nature
- Menjadi contoh bagi semua pihak dalam hal:
- Kejujuran
- Tolong-Menolong
- Kebersihan
- Kedisiplinan
- Cinta Alam Semesta
Sasaran Pendidikan dan Pengajaran di Hikari
- Usia Kelompok Bermain ( 3- 4) tahun
- Usia Kelompok Taman Kanak-Kanak A ( 4 -6) tahun
- Usia Kelompok Taman Kanak-Kanak B ( 5 – 7 ) tahun
- Usia Sekolah Dasar ( 7 – 12 ) tahun
Pendidikan dan Metode Pengajaran Hikari
Merujuk Kurikulum Nasional tahun
2013 dan modifikasi dengan lingkungan alam Hikari. Bahan belajar untuk anak usia:
- Kelompok Bermain (3 – 4 tahun) :lebih banyak menggunakan bahan yang dapat disentuh, dapat dicium, dapat dirasakan, dapat dilihat, dapat didengar, artinya seratus persen (100%) bahan belajar dalam bentuk konkrit.
- Taman Kanak-kanak A dan B: bahan belajarnya berbanding 10:90, artinya 10 persen abstrak dan 90 persen konkrit. Pembelajaran bersifat abstrak misalnya pada saat belajar tentang musim dan iklim.
- Sekolah Dasar kelas 1 sampai dengan 3 bahan belajar berbanding 20-30 persen abstrak dan 80 – 100 konkrit. Semakin tinggi jenjang pendidikan semakin kecil persentasi bahan belajar konkrit.
Dalam mewujudkan Visi dan Misi, kami menyelenggarakan kegiatan belajar-mengajar dengan 2 metode utama, yaitu : sistem Berbasis Fasilitas Pembelajaran Holistik dan metode musikalitas.
Sistem Holistik (Holistic
Learning Facilitation Based System) menggunakan Neuro
Language Programming (NLP) untuk membentuk CITRA DIRI
POSITIF ANAK. Sementara itu, metode musikalitas kami pilih karena musik
dapat membantu perkembangan otak, pembentukan jiwa dan karakter, serta meningkatkan kemampuan motorik anak. Dengan belajar sambil bernyanyi, anak diharapkan dapat lebih mudah menyerap materi pelajaran dan lebih sukacita dalam melakukan aktivitas belajar.
Mari menuntut ilmu bersama kami di Sekolah Alam Hikari!
We Sing, We Learn, We Explore!
Jln.Pahlawan No.10
Tanah Kusir, Kebayoran Lama Utara
Jakarta Selatan, 12240
Jakarta, Indonesia
Contact Us:
Phone (021) 7222 330
0812 869 7244
Email: hikari_harima@yahoo.co.id
Facebook: Sekolah Alam Hikari
Twitter: @HikariSnature


sekolah ini ternyata berada di tengah kota yang penuh dengan polusi. solusi yang terbaik untuk anak-anak dan orangtua yang selalu dibisingkan oleh suara dan polusi udara.
BalasHapus